Tugas

Saat pertama kali saya mengenal internet, tidak ada istilah blog, istilah yang sering saya dengar waktu itu adalah web, website, homepage dan seterusnya. Setelah adanya istilah blog, saya memahaminya bahwa blog itu adalah web itu sendiri, namun tidak lebih luas fungsinya dari web atau dengan kata lain blog itu merupakan sebagian kecil fungsi web. berbeda dengan web, blog tidak perlu memiliki pengetahuan tentang hosting, FTP, CPanel dan seterusnya yang tentunya membutuhkan keahlian yang lebih rumit.

OK lebih jelasnya akan saya copy kan dari http://id.wikipedia.org

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya PyraLab diakuisisi oleh Google.Com pada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis, . Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.

  1. Buatlah sebuah blog dari blogger dot com, wordpress dot com atau dari penyedia blog yang lain. boleh membeli hosting atau free hosting dan membuat blog dari CMS yang ada.
  2. Setelah blog anda terbentuk, silahkan tautkan alamat blog teman-teman anda minimal 5 tautan ke widget blogroll.
  3. Copy embed (code html) yang saya sediakan ke widget HTML pada blog anda.
  4. Setelah embed (penyematan) code html dilakukan pada blog anda, silahkan entry url anda diformulir yang telah ditentukan.
  5. Selanjutnya secara berkala silahkan publikasi artikel bebas ke dalam blog anda.
  6. Tugas  ini tidak sekedar membuat blog untuk menyelesaikan tagihan nilai kemudian selesai tanpa ada kelanjutanya, namun lebih jauh saya berharap anda merawat dan tidak melupakan blog yang telah anda buat sampai kapanpun dan mengisinya dengan kontent-kontent yang bermanfaat untuk orang lain.
Embed : Kemampuan suatu program aplikasi memasukkan data atau obyek dari software / aplikasi lain, mungkin bisa dikatakan menyematkan. Dengan embeded kita dapat menyematkan video, audio, gambar atau animasi dari situs lain ke dalam situs kita. Sehingga untuk menyematkan foto maupun video seseorang bloger cukup mengcopy tautan video atau foto yang berupa code html yang ada pada kotak text dan paste ke widget html kita.
Blogroll: Kumpulan hyperlink, Hyperlink: suatu text yang jika di klik menautkan ke suatu halaman web lain.
Hosting : Suatu server yang memberikan layanan space atau ruang di interent untuk menempatkan file-file web kita. 

Subcategories

Tugas Membuat Blog

Copy code html berikut dan paste di blog pada widget html anda

Kurni.smanda.sch.id

Masukkan URL Blog anda disini

Joomla templates by Joomlashine